4 Cara Untuk Membuat Youtube Aman Untuk Anak Anda

4 cara untuk membuat youtube aman untuk anak anda

Di zaman sekarang youtube merupakan tempat dimana anda bisa melihat dan membagikan berbagai macam video di dunia maya. Banyak hal yang bisa anda lihat dan dapatkan melalui youtube akan tetapi ada sisi negatif juga untuk buah hati tercinta anda misalnya seperti video pornografi, penistaan agama, ajaran-ajaran dan ajakan yang menyesatkan dan sebagainya. Tetapi yang menjadikan perbedaan besar dari youtube adalah memungkinkan buah hati anda untuk membuat video, membagikan video dan memungkinkan juga mereka terjerumus atau ketagihan dalam youtube itu sendiri.

Pada dasarnya anda minimal harus berumur 13 tahun sebelum bisa mengunggah video di youtube karena umur segitu adalah syarat minimal untuk membuat akun di google, sesuai dengan ketentuan dari sistem keamanan pelindung anak walaupun pada kenyataannya sedikit berbeda. Yang lebih berbahaya adalah jika anak bertemu dengan orang jahat atau terjebak dalam kasus bully dikarenakan oleh video youtube. untuk itu para orang tua harus berpikir dua kali untuk membiarkan anak bisa mengakses youtube dengan aman untuk mereka sendiri.

Berikut adalah 4 cara untuk membuat youtube lebih aman untuk buah hati anda.

1. Membuat satu akun keluarga. Dengan membuat satu akun google yang dapat digunakan oleh satu keluarga, anda akan lebih mudah untuk menjaga dan mengawasi video yang anakanda tonton dan video yang mereka bagikan di youtube. Caranya sama seperti ketika anda membuat akun Gmail yang baru: Keluar dari akun anda sebelumnya, kunjungi situs gmail.com lalu klik buat akun baru dan isi form yang tesedia. Anda harus menghubungkannya dengan akun email yang ada tetapi yang belum terhubung ke google identity. Setelah itu anda dapat membuat youtube channel anda, kalender keluarga dan kotak pesan untuk keluarga anda. Semua video yang telah dilihat akan muncul di tombol riwayat di sebelah kiri

2. Menyalakan Safety mode.Ini adalah fitur tersembunyi dari youtube dimana fitur ini akan menghalau konten yang tidak pantas dan aman untuk ditonton oleh anak-anak anda. Anda dapat menemukan fitur ini di halaman awal di paling bawah.
Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu masuk ke dalam youtube lalu gulirkan kebawah dan pilih on pada tombol safety. Untuk memastikan anak anda tidak menggantinya, klik lock safety mode on this browser dan masukan data sesuai yang diminta.

3. Membuat playlist. Fitur safety mode memiliki kelemahan yaitu jika video tidak diatur pembatasan umur, video tersebut tidak akan dihalau dan tetap dapat dilihat oleh anak anda. Untuk itu kita perlu membuat playlist video yang akan ditonton oleh anak anda. Misalkan anak anda masih kecil , anda dapat memilih video lagu anak-anak atau tontonan pendidikan. Caranya mudah hanya dengan klik add to dibawah video dan pilih daftar mana yang akan anda simpan atau anda buat baru. Anda juga bisa berlangganan video yang memiliki konten keluarga seperti disney atau pixar.

4. Pilihlah dengan hati- hati. Anda harus memastikan bahwa anda harus menonton video secara keseluruhan sebelum anda memasukannya ke daftar playlist anda. Jika tidak anda akan membiarkan anak anda menonton video yang tidak pantas dikarenakan seringkali video youtube menambahkan sesuatu konten ditengah atau diakhir durasi video.

Dengan melakukan cara-cara tersebut youtube dapat memberikan dampak positif di kehidupan nyata anak anda dan juga anak anda dapat menonton youtube dengan aman. Jangan lupa berikan nutrisi yang terbaik untuk anak anda dengan produk dari nutribrain yang berkualitas

*Efek & khasiat pada konsumen mungkin akan berbeda-beda, tergantung dari berbagai faktor.
Social Media